Musrenbangnas, Pemerintah akan Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas). (Foto: Pemprov Sulut)

Talaud, Sulawesi Utara- Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah akan melanjutkan pembangunan infrastruktur. Presiden menjelaskan apa yang akan pemerintah kerjakan dalam lima tahun ke depan dalah acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024  di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019).

“Yang pertama bahwa kita akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur, karena kita ingin memperkokoh pondasi, dalam kita berkompetisi dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur harus selesai apapun rintangannya. pemerintah ingin menyambungkan infrastruktur dengan kawasan industri hingga kawasan wisata yang ada di setiap daerah. Siapa yang menyambungkan? Jokowi menyebut semua itu menjadi tugas pemerintah provinsi hingga pemerintah kabupaten/kota.

“Ini yang berkaitan dengan kawasan wisata. Kita konsentrasi lima ini dulu. Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan bajo dan Manado. Setelah ini selesai tugas menpar melakukan promosi besar-besaran,” ujar Jokowi.

Pembangunan di Kabupaten Talaud

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey  terlihat hadir dalam acara ini.  Gubernur Sulut mengemukakan satu lagi mega proyek nasional bakal masuk ke Bumi Nyiur Melambai.

Proyek dimaksud yakni Pembangunan Jembatan Pulau Karakelang-Salibabu di Kabupaten Kepulauan Talaud. Menurut Olly proyek jembatan ini menghubungkan dua pulau besar di Talaud.

“Panjangnya 1,7 kilometer, menyatukan dua pulau besar, ” kata dia, beberapa waktu lalu.

Jika proyek ini berhasil maka Sulut menjadi gerbang pasifik akan berhasil

“Akan disampaikan rapat kabinet, ” ungkap Mantan Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI ini.

Kepala Badan Perbatasan Daerah Sulut Djemy Gagola menyampaikan pesan infrastruktur jembatan ini sangat strategis perannya untuk mewujudkan Sulut sebagai Gerbang Pasifik. Sementara Kabupaten Talaud sebagai daerah terdepan Indonesia di Pasifik.

Ia menjelaskan, Pulau Karakelang sebagai pulau terbesar di Talaud itu sebagai pusat pemerintahan, kemudian tempat komando keamanan dan pertahanan daerah perbatasan, serta terletak di Bandara Melonguane.

Sementara Pulau Salibabu itu sebagai Pusat Industri Perikanan kelas nasional. Fasilitas cold starage, pelelangan ikan kemudian semua hasil perikanan berpusat di Pulau Salibabu.