Abner Sarlis Tindi, Sang Putra Pasifik Mengejar Mimpi

Abner Sarlis Tindi dalam bukunya “Sang Putra Pasifik Mengejar Mimpi”. (Foto: Pandiva Buku)

Nanusa – Mimpi adalah sebuah harapan dan juga bisa menjadi target dalam menjalani kehidupan. Maka, tidak heran banyak orang bekerja keras untuk mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Seperti Abner Sarlis Tindi, pria kelahiran Karatung Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud provinsi Sulawesi Utara ini menceritakan perjuangan menggapai mimpinya yang di tuangkan dalam bukunya yang berjudul “Sang Putra Pasifik Mengejar Mimpi”.

Semua yang diangkat dalam buku ini merupakan kisah hidup yang telah dijalaninya. Ia ingin membagi kepada semua anak negeri di berbagai tempat dan berbagai strata sosial, sehingga semua dapat bersama-sama merefleksi diri, betapa berharganya waktu dan kesempatan yang didapatkan setiap detiknya.

Buku ini juga menceritakan beberapa mimpi yang telah menjadi kenyataan serta berdampak bagi kehidupannya. Selain itu, sebagai refleksi atas perjalanan hidup yang dilaluinya baik dalam suka maupun duka.

Buku “Sang Putra Pasifik Mengejar Mimpi” ini tidak hanya menjadi dokumentasi kisah pribadi penulis saja. Lebih dari itu, buku ini turut menguak fakta wilayah perbatasan Indonesia yang jarang diekspos. Nilai-nilai lokal masyarakat Kepulauan Talaud dan fakta-fakta di dalamnya.

Bahkan, ada pula cerita sejarah nenek moyang Pulau Karatung yang sampai saat ini masih belum selesai ditelusuri. Diceritakan pula mimpi-mimpi Abner untuk membangun Kawasan Garuda Pasifik di Talaud, sehingga kawasan ini dapat semakin berkembang dan dilirik anak-anak bangsa.

Bagi generasi milenial, buku ini penting dibaca dan dimiliki karena bisa memberikan inspirasi bagi masa depan dan cara mengambil keputusan-keputusan penting yang mengombinasikan berbagai pesan dalam mimpi dengan menjadikannya sebagai petunjuk (guidance) di alam realitas yang penuh dengan berbagai macam permasalahan.

Buku ini terdiri atas 15 bagian, tebal 280 halaman, diterbitkan oleh Pandiva buku. Buku ini juga pernah di bedah dalam tiga episode siaran di Radio Sasando 90.3fm pada bulan juli 2019 silam.

Biografi Penulis

Penulis bernama lengkap Abner Sarlis Tindi, dilahirkan di Karatung Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud provinsi Sulawesi Utara. Ia menamatkan pendidikan Sekolah Dasar Negeri (SDN Inpres) tahun 1991 dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri tahun 1994 di Karatung Kecamatan Nanusa.

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri 1 Lirung di Lirung, Talaud dan tamat pada tahun 1997. Pada tahun 2001, ia melanjutkan ke pendidikan tinggi pada Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA-AWS), dan di wisuda pada tahun 2005.

Dalam perjalanan kariernya, pada tahun 2009, ia mengikuti seleksi dan lulus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepulauan Talaud. Surat Keputusan sebagai CPNS tertanggal 1 Januari 2010.

Penempatan pertama pada Kantor Camat Nanusa, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud pada tahun 2010-2012. Selanjutnya ia di mutasi sebagai staf bidang Program dan Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Talaud (2012 – saat ini).

Pada tahun 2013, penulis mendapatkan kesempatan meneruskan pendidikan pada Pascasarjana (S2) Ilmu Komunikasi, konsentrasi Manajemen Komunikasi, FISIPOL Universitas Gadjah Mada (UGM) yang dibiayai beasiswa dari Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) setelah mengikuti seleksi beasiswa pada tanggal 6 Juli 2013 di Yogyakarta.

Setelah di wisuda pada tanggal 19 Januari 2016, ia mendaftarkan diri pada program S3 Studi Kebijakan UGM, dan diterima di program tersebut pada bulan Juli 2016. Bidang pariwisata merupakan konsentrasi yang sedang digelutinya dalam program doktoral yang diikutinya.

Tertarik dengan buku karyanya atau buku-buku lainya, silahkan kunjungi website pandivabuku.com atau bisa pesan melalui nomer WA 085743899713, serta bagi yang menginginkan versi e-booknya bisa kunjungi laman ini “Sang Putra Pasifik Mengejar Mimpi”.